8:56 PM
0
SISTEM OPERASI BERBASIS TEKS
Sistem operasi berbasis teks adalah sistem yang semata- mata menggunakan teks sebagai alat operasinya. Sisitem ini berjalan tanpa menggunakan binkai jendela sebagaimana yang lazim kita temukan pada sistem operasi komputer dewasa ini.

Sistem operasi berbasis teks sesungguhnya mulai berkembang pada komputer generasi kedua yanf menyertakan sistem opeasi dengna menggunakan disk pada personal komputer. Prosedur pengoperasian sistem operasi berbasis teks ini dilakukan dengan cara seperti berikut :
1. Ketika komputer dinyalakan, komputer mengeluarkan prompt standar untuk memasukkan DOS ke dalam drive ( sebelum tahun 1955 masih menggunakna drive B : dengan disk berukuran 5 ½ inch ).
2. Setelah DOS dimasukkan, komputer melakukan booting.
3. Setelah booting dilakukan, kita dapat memasukkan salah satu program aplikasi yang kita butuhkan dengan menggatikan DOS dengan disk lain. Mislnya kita kana melakukan pengetikan dan menggunakan aplikasi Wordstar. Pengetikan dilakukan langsung ke dalam disk kosong yang dipersiapkan dan secara bertahap melakukan Sving dengan menekan tombol CTRl+S.

Melihat cara kerja system operai berbasis teks diatas, dapat kita lihat bahwa salah satu fungsi system operasi yaitu memantau program, mengendalikan funsi input atau output setiap program, dan mengendalikan program dari satu program lainya.

0 comments:

Post a Comment